10 Destinasi Wisata Kuliner yang Harus Dikunjungi di Jerman

Destinasi Wisata Kuliner Jerman

Destinasi Wisata Kuliner Jerman – Hai, YOTers! Kalau kamu lagi merencanakan liburan ke Jerman, jangan lupa buat mencicipi kuliner khas di sana. Selain wisata sejarah dan alamnya yang keren, Jerman juga punya banyak tempat makan yang menggoyang lidah. Yuk, simak 10 destinasi wisata kuliner yang wajib kamu kunjungi di Jerman!

Destinasi Wisata Kuliner yang Harus Dikunjungi di Jerman

Baca juga:

1. Berlin – Currywurst

Kalau ke Berlin, kamu wajib coba Currywurst. Sosis bakar yang disajikan dengan saus kari dan taburan bubuk kari ini udah jadi ikon kuliner Berlin. Ada banyak kios Currywurst di seluruh kota, tapi yang terkenal itu Konnopke’s Imbiss di bawah jembatan kereta U2 di Eberswalder Straße.

2. München – Weisswurst

Di München, jangan lupa mampir ke restoran tradisional buat menikmati Weisswurst. Sosis putih ini biasanya disajikan dengan mustard manis dan pretzel. Lebih enak lagi kalau disantap di pagi hari, karena Weisswurst tradisionalnya nggak boleh lewat dari tengah hari.

3. Hamburg – Fischbrötchen

Karena Hamburg dekat laut, kuliner khasnya nggak jauh-jauh dari ikan. Fischbrötchen adalah roti isi ikan segar yang biasa dijual di kios-kios pinggir laut. Kamu bisa pilih ikan herring, salmon, atau mackerel yang diasinkan dan disajikan dengan bawang bombay, acar, dan saus remoulade.

4. Frankfurt – Apfelwein

Frankfurt terkenal dengan minuman khasnya, Apfelwein atau cider apel. Tempat terbaik buat nikmatin Apfelwein adalah di kawasan Sachsenhausen, di mana banyak bar tradisional menyajikan minuman ini dengan camilan khas seperti Handkäse mit Musik, keju yang disajikan dengan bawang dan cuka.

5. Stuttgart – Maultaschen

Maultaschen itu semacam ravioli versi Jerman yang diisi dengan daging, bayam, dan rempah-rempah. Kota Stuttgart adalah tempat asal Maultaschen, jadi kamu harus cobain makanan ini di sini. Restoran Weinstube Schellenturm salah satu tempat yang terkenal dengan Maultaschen-nya.

6. Köln – Himmel und Äd

Di Köln, ada hidangan unik bernama Himmel und Äd (Langit dan Bumi). Ini adalah perpaduan antara kentang tumbuk (Bumi) dan saus apel (Langit) yang disajikan dengan darah sosis. Rasanya unik dan pastinya bikin kamu penasaran.

7. Nürnberg – Nürnberger Rostbratwurst

Kalau kamu ke Nürnberg, cobain deh sosis kecil yang disebut Nürnberger Rostbratwurst. Sosis ini biasanya disajikan dalam kelompok tiga atau enam di atas piring berisi sauerkraut atau kentang tumbuk. Restoran Bratwurst Röslein adalah tempat yang pas buat nikmatin hidangan ini.

8. Düsseldorf – Altbier

Düsseldorf terkenal dengan bir hitamnya yang disebut Altbier. Di Altstadt (Kota Tua), banyak bar yang menyajikan Altbier segar. Salah satu bar tertua dan terkenal adalah Uerige, tempat kamu bisa nikmatin bir ini dengan suasana yang autentik.

9. Leipzig – Leipziger Allerlei

Leipziger Allerlei adalah hidangan sayur-sayuran khas Leipzig yang terdiri dari kacang polong, wortel, kembang kol, dan asparagus yang dimasak dengan saus krim. Hidangan ini cocok buat kamu yang suka makanan sehat dan lezat. Restoran Thüringer Hof adalah tempat yang tepat buat mencicipi Leipziger Allerlei.

10. Schwarzwald – Schwarzwälder Kirschtorte

Kalau kamu pencinta kue, jangan lewatkan kesempatan buat mencicipi Schwarzwälder Kirschtorte atau Black Forest Cake di Schwarzwald (Hutan Hitam). Kue ini terbuat dari lapisan coklat, krim, dan ceri yang direndam dalam Kirschwasser (brandy ceri). Café Schäfer di Triberg adalah salah satu tempat legendaris buat nikmatin kue ini.

Jadi, gimana? Udah siap buat kulineran di Jerman? Jangan lupa buat coba makanan khas di setiap kota yang kamu kunjungi, ya! Selamat berpetualang dan selamat makan!

Leave a Reply

Your email address will not be published.