10 Fakta Unik Martabak Manis

Fakta Unik Martabak Manis

Fakta Unik Martabak Manis – Martabak manis emang juara banget, ya! Kalo kamu suka martabak manis, pasti kamu juga suka tahu fakta-fakta unik tentang makanan favorit kita ini. Nah, daripada penasaran terus, yuk kita simak 10 fakta unik martabak manis yang mungkin belum kamu tahu.

Fakta Unik Martabak Manis

Baca juga:

1. Martabak Buatan China

Martabak manis ternyata awalnya bukan dari Indonesia loh. Kata “martabak” berasal dari kata Arab yang artinya “lipat”. Konon, martabak manis diperkenalkan oleh pedagang Cina di daerah Tiongkok selatan pada abad ke-17.

2. Jajanan Legendaris

Martabak manis udah jadi jajanan legendaris di Indonesia sejak lama. Kalo dulu martabak manis cuma dijual di pinggir-pinggir jalan, sekarang udah banyak banget yang jual di warung-warung atau restoran khusus martabak.

3. Versi Modern

Meskipun martabak manis tradisional udah jadi favorit banyak orang, sekarang udah ada banyak banget varian martabak manis yang modern. Mulai dari martabak manis dengan topping es krim, keju, cokelat, buah, bahkan sampe yang unik-unik kayak martabak dengan topping cotton candy!

4. Martabak di Berbagai Negara

Martabak manis nggak cuma ada di Indonesia, lho. Di beberapa negara lain juga ada martabak versi mereka sendiri. Misalnya, di Thailand ada “Roti Sai Mai” yang mirip martabak manis, dan di Malaysia ada “Martabak Manis” juga, walaupun beda dengan yang kita punya.

5. Martabak sebagai Pengganti Kue Ulang Tahun

Di beberapa kesempatan, martabak manis bahkan dijadikan pengganti kue ulang tahun. Nggak heran sih, soalnya rasanya yang manis dan toppingnya yang bervariasi bisa disesuaikan dengan selera tiap-tiap orang.

6. Jajanan Favorit Saat Malam Hari

Martabak manis juga jadi jajanan favorit saat malam hari. Banyak warung martabak yang buka sampai larut malam, jadi kalo lagi lapar malem-malem, martabak jadi pilihan yang pas banget.

7. Martabak Mini

Buat yang pengen nyicipin martabak tapi takut kebanyakan, sekarang udah ada martabak mini yang bisa kamu nikmatin dengan porsi yang lebih kecil. Cocok buat camilan atau ngemil saat santai.

8. Martabak dalam Festival Makanan

Di beberapa tempat, martabak manis juga masuk dalam festival makanan. Biasanya, festival makanan ini diadakan untuk memperkenalkan makanan-makanan khas daerah atau kreatifitas baru dalam memasak.

9. Martabak dengan Isian Unik

Selain topping yang beragam, ada juga martabak manis dengan isian yang unik. Mulai dari isian nutella, meses, kacang, sampai yang lebih ekstrim kayak isian keju mozzarella atau green tea.

10. Martabak dalam Dunia Maya

Martabak manis udah jadi bahan pembicaraan yang seru di dunia maya. Mulai dari review tempat martabak, resep martabak, sampe yang lucu-lucu kayak meme-meme martabak yang bikin ngakak.

Nah, itu dia 10 fakta unik tentang martabak manis yang mungkin belum kamu tahu. Seru, kan? Yuk, kapan lagi kita ngobrolin martabak manis sambil ngemil bareng!

Leave a Reply

Your email address will not be published.