10 Konferensi dengan Jumlah Negara Terbanyak

Konferensi Jumlah Negara Terbanyak

Konferensi Jumlah Negara Terbanyak – Konferensi adalah platform penting bagi negara-negara untuk berkolaborasi, bertukar ide, dan mencari solusi atas tantangan global. Salah satu indikator keberhasilan sebuah konferensi adalah jumlah negara yang berpartisipasi. Berikut adalah 10 konferensi dengan jumlah negara peserta paling banyak sepanjang sejarah:

10 Konferensi Jumlah Negara Terbanyak

Baca Juga:

1. Konferensi Jumlah Negara Terbanyak: United Nations General Assembly (UNGA)

UNGA adalah forum diplomatik terbesar di dunia yang dihadiri oleh semua negara anggota PBB, dengan jumlah peserta mencapai 193 negara pada tahun 2020.

2. Olympic Games

Olimpiade adalah ajang olahraga terbesar di dunia yang diikuti oleh negara-negara dari seluruh penjuru dunia. Pada Olimpiade Musim Panas 2020 di Tokyo, Jepang, 206 Komite Olimpiade Nasional berpartisipasi.

3. Asian Games

Acara olahraga terbesar di Asia ini diikuti oleh 45 negara pada edisi terakhirnya di Jakarta-Palembang, Indonesia, pada tahun 2018.

4. Commonwealth Heads of Government Meeting (CHOGM)

CHOGM adalah pertemuan puncak kepala negara atau pemerintahan negara-negara Persemakmuran yang berpartisipasi. Terdapat 53 negara anggota Persemakmuran.

5. World Trade Organization (WTO) Ministerial Conference

Konferensi menteri perdagangan dari negara-negara anggota WTO, dengan total 164 negara anggota, membuatnya menjadi salah satu konferensi perdagangan global terbesar.

6. World Health Assembly (WHA)

Pertemuan tahunan WHA, badan pengambil keputusan tertinggi WHO, dihadiri oleh 194 negara anggota organisasi tersebut.

7. Conference of the Parties (COP) to the United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC)

COP adalah forum internasional yang dihadiri oleh 197 negara anggota UNFCCC, dengan tujuan membahas perubahan iklim.

8. African Union Summit

Pertemuan tahunan kepala negara atau pemerintahan dari 55 negara anggota Uni Afrika.

9. Organization of Islamic Cooperation (OIC) Summit

Pertemuan kepala negara atau pemerintahan dari 57 negara anggota OIC, dengan fokus pada kerjasama politik, ekonomi, dan sosial di antara negara-negara anggota.

10. G20 Summit

Pertemuan tahunan kepala negara atau pemerintahan dari 19 negara dan Uni Eropa, serta undangan tamu-tamu penting, membahas isu-isu ekonomi global yang relevan.

Dengan partisipasi negara-negara dari seluruh dunia, konferensi-konferensi ini memperkuat pentingnya kerjasama internasional dalam mencari solusi atas masalah global yang kompleks. Semakin banyaknya negara yang terlibat, semakin besar pula potensi untuk mencapai kesepakatan yang lebih luas dan berdampak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.