10 Cara mengatasi Diare

Cara Mengatasi Diare – Pernah nggak sih lagi jalan, terus perut rasanya nggak enak, dan sering bolak-balik ke toilet? Wah tanda-tanda diare nih. Terus harus gimana untuk mengatasinya? Waduh, jangan khawatir YOTers, minYOT akan berbagi tips mengenai cara dan upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi diare. Ini dia beberapa tips yang dapat kalian terapkan:

Baca Juga:

10 Cara mengatasi Diare:

  1. Penting untuk mencegah dehidrasi. Minumlah air putih, rehidrasi oral, atau larutan elektrolit untuk mengganti cairan yang hilang.
  2. Makan makanan ringan seperti nasi putih, roti, apel, atau pisang. Hindari makanan pedas, berlemak, dan susu selama diare.
  3. Kafein dan alkohol dapat memperburuk diare dan dehidrasi. Hindari minuman seperti kopi dan alkohol.
  4. Obat antidiare, seperti loperamide, bisa membantu mengurangi frekuensi buang air besar. Namun, konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakannya, terutama jika diare disebabkan oleh infeksi.
  5. Produk susu yang mengandung laktosa dapat memperburuk diare, terutama jika kamu intoleran terhadap laktosa. Pilih alternatif susu bebas laktosa.
  6. Hindari makanan pedas dan berlemak dapat merangsang sistem pencernaan dan memperparah diare. 
  7. Cobalah untuk istirahat dan tidur yang cukup. Tubuh perlu waktu untuk pulih dari infeksi atau iritasi yang menyebabkan diare.
  8. Cuci tangan secara teratur dengan sabun, terutama sebelum makan, setelah buang air kecil atau besar, dan setelah bersentuhan dengan benda yang mungkin terkontaminasi.
  9. Jika diare berlangsung lebih dari beberapa hari, sangat parah, atau disertai dengan gejala lain seperti demam atau darah dalam tinja, segera konsultasikan dengan dokter.
  10. Setelah diare mereda, perlahan-lahan kembalikan diet YOTers ke makanan biasa. Mulailah dengan makanan lunak dan mudah dicerna sebelum kembali ke makanan berat.

 

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa YOTers terapkan untuk mengatasi diare. Semoga dapat bermanfaat untuk kalian ya! 

Leave a Reply

Your email address will not be published.