Pentingnya Mengonsumsi Vitamin C untuk Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Vitamin C sangat penting dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kamu dapat memperoleh vitamin C melalui makanan, seperti buah dan sayuran. Kamu juga dapat memperoleh vitamin C melalui suplemen. Berikut beberapa manfaat dari mengonsumsi Vitamin C.

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Vitamin C dapat membantu meningkatkan produksi sel darah putih yang berperan melindungi tubuh dari infeksi sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Penyakit batuk dan pilek juga dapat dicegah dengan memenuhi kebutuhan akan vitamin C terutama saat kelelahan atau melakukan aktivitas yang berat.

2. Melindungi tubuh dari radikal bebas

Vitamin C dapat berperan sebagai antioksidan yang membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Vitamin C akan membantu mengurangi risiko terjadinya penuaan dini, penyakit kanker, dan jantung.

3. Membantu tubuh untuk memproduksi kolagen

Kolagen adalah protein yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kelembaban kulit sehingga dapat mencegah keriput dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung, serta meningkatkan massa otot.

4. Meningkatkan penyerapan zat besi

Zat besi berperan penting dalam pembuatan sel darah merah dan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Vitamin C dapat mendukung penyerapan zat besi dari makanan ke dalam tubuh sehingga dapat mengurangi risiko terkena anemia.

Kamu dapat memperoleh vitamin C dengan mengonsumsi makanan, seperti jeruk, stoberi, tomat, bayam, dan brokoli. Suplemen vitamin C dengan dosis yang tepat atau sesuai anjuran dokter juga bisa kamu konsumsi. Sebaiknya, kamu mengonsumsi vitamin C setelah makan untuk meminimalisir risiko gangguan pada lambung.