3 Cara Memotivasi Teamwork Supaya Mencapai Tujuan

Cara memotivasi teamwork

Cara memotivasi teamwork adalah langkah yang harus diterapkan di dalam setiap organisasi manapun. Tidak mudah untuk membangun teamwork atau mengajak anggota untuk mencapai tujuan organisasi. Untuk itu, yuk perhatikan artikel berikut ini jika kamu mau membangun teamwork yang baik!

3 Cara Memotivasi Teamwork

1. Cara memotivasi teamwork: Memperlakukan anggota tim sebagai partner

Sebagai leader yang bijak, kamu harus memperlakukan anggotamu sebagai partner bukan bawahan. Mereka wajib tahu kalau mereka berharga dan pantas berada di tim.

Kamu harus bisa menghargai setiap saran atau pendapat mereka yang ajukan. Atau kamu juga bisa mengajak mereka makan siang bareng. Dengan begitu, mereka akan lebih merasa dihargai dan semangat untuk bekerja sama dengan kamu ataupun tim.

Jika kamu memperlakukan mereka sebagai bawahan atau adanya budaya senioritas dalam organisasi, jangan harap mereka akan menghormati atau menghargai kamu.

Tidak menutup kemungkinan mereka akan balas dendam ke anggota baru dengan meneruskan budaya senioritas.

2. Membangun hubungan antar anggota tim

Membangun hubungan antar anggota tim dengan cara mengenal lebih dalam kepada sesama anggota, berbicara dari hati ke hati, mengajukan pertanyaan atau mengetahui kesibukan mereka.

Kalau kamu mengetahui dan paham kesibukan mereka, kamu akan lebih mudah untuk membagi peran ke sesama anggota dan membuat mereka merasa lebih dihargai.

3. Membuat reward untuk anggota tim

Setiap anggota lama-lama pasti akan merasa jenuh dan komitmen mereka terhadap pekerjaan akan berkurang. Akibatnya mereka akan sering menghilang atau menarik diri dari lingkungan.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, kamu sebagai leader coba sekali-kali kasih reward untuk mereka karena telah bekerja dengan keras. Seperti sertifikat “best staff” setiap bulannya, menawarkan tambahan satu jam istirahat, mendapatkan satu hari libur dan sebagainya.

Nah, itu dia tadi beberapa cara memotivasi teamwork. Buat kamu yang ingin meluangkan waktu dengan hal-hal produktif, yuk daftar event Bedah Buku dari YOT di sini!

BACA JUGA

Leave a Reply

Your email address will not be published.