Girl Group “Mave”, Bukti Perkembangan Industri Musik dengan AI

Mave merupakan sebuah girl group Kpop yang berisi empat anggota dibawah naungan Metaverse Entertainment. Group yang resmi debut pada 25 Januari 2023 ini  merupakan group virtual berbasis artificial intelligence (AI). Melansir dari Kompas.com, Mave sendiri berasal dari frasa Make New Wave yang bertujuan untuk menciptakan gelombang baru di dunia Kpop melalui group ini.

Seiring berkembangnya teknologi, Mave menjadi bukti nyata dari perkembangan industri musik dengan menggunakan teknologi AI. AI sendiri merupakan kecerdasan buatan yang dibuat oleh manusia dengan tujuan untuk menyelesaikan hal-hal kompleks. Tidak berbeda dengan girl group Kpop pada umunya, Mave tampil dengan visual, fashion style, lagu, dan dance yang sangat mirip dengan manusia. Detail gerakan setiap anggota juga terlihat cukup natural.

Tidak dipungkiri bahwa saat ini AI sudah menjadi salah satu teknologi yang penting bagi umat manusia. Dengan melakukan inovasi-inovasi baru, AI dapat membantu perkembangan berbagai bidang. Melalui Mave, Metaverse Entertainment membuka jalan baru di dalam industri hiburan.