Macam-Macam HRD yang Jarang Diketahui

HRD atau  Human Resource Development sering dikenal sebagai orang yang mencari anggota baru di sebuah perusahaan. Ternyata pekerjaan HRD tidak hanya itu, ada beberapa HRD lainnya yang memiliki tugas berbeda. Melansir dari laman karier.mu, berikut macam-macam HRD yang jarang diketahui. Simak di bawah ini!

Organizational Development

Organizational Development merupakan HR yang memiliki tugas untuk meningkatkan perkembangan organisasi atau perusahaan. Tujuannya, agar perusahaan berjalan secara efektif, efisien, dan memapu beradaptasi pada kondisi-kondisi tertentu. Selain itu, mereka juga bertanggung jawab untuk mencari solusi terbaik ketika ada masalah di perusahaan.

HRBP

HRBP merupakan kepanjangan dari Human Resource Business Partner. Sesuai dengan namanya, HR pada bagian ini memiliki peran penting terkait mitra bisnis dan konsultasi bagi manajemen perusahaan. Selai mengurus kerja sama dengan perusahaan lain, HR ini juga terlibat langsung dalam pengambilan keputusan bersama pimpinan perusahaan.

Baca Juga:

Manajemen Waktu dengan Eisenhower Matrix

Beasiswa Khusus Perempuan di Luar Negeri

Meneladani Strategi Bisnis JCO Donuts

Recruitment

HR bagian ini merupakan tipe yang banyak dikenal orang. Mereka bertugas untuk mencari dan mengatur proses pencarian kandidat terbaik untuk semua departemen yang ada di perusahaan. Di bagian ini, HR harus memiliki kemampuan mengenali kepribadian orang lain dengan baik. Hal ini karena mereka harus mencocokkan dari segi kepribadian hingga skill yang dimiliki kandidiat.

Compensation & Benefit

Dalam bekerja biasanya karyawan akan mendapatkan benefit berupa gaji, tunjangan, asuransi, kesehatan, dan cuti. Nah, pengaturan pembagian benefit ini juga diatur oleh HR. Mereka merancang dan mengatur segala reward yang sesuai dengan kinerja karyawan. Adapun benefit ini juga harus dicocokan dengan undang-undang dan peraturab dari perusahaan.

Buat kamu yang lagi cari inspirasi seputar kuliah, self-development dan karir bisa kunjungi youtube Young On Top. Ada Beragam konten menarik, loh!