3 Alasan Wajib Coba Karier Copywriting

Dalam bidang marketing, Copywriter merupakan profesi yang paling banyak dibutuhkan. Copywriter merupakan profesi yang menggunakan kata-kata untuk mempromosikan produk, orang, perusahaan, opini atau ide. Copywriting adalah seni untuk menyakinkan dan membujuk dengan pilihan kata yang tepat.

Mengutip dari buku Copywriting karya Muslikh Madiyant, setiap orang adalah copywriting untuk diri mereka sendiri. Hal ini dikarenakan copywriting merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menarik orang lain. Dengan demikian, setiap orang memiliki peluang untuk berkarier sebagai copywriting. Berikut 3 alasan wajib coba karier coba karier copywriting.

Pasar Meluap

Copywriting merupakan keahlian yang dibutuhkan oleh banyak perusahaan dan lembaga. Hal ini dikarenakan copywriting menjadi perantara perusahaan untuk mendapatkan konsumen. Lingkup kerja copywriting memiliki pasar yang luas, baik dalam lingkup digital maupun di dunia nyata.

Lingkup kerja di dunia nyata, misalnya dengan adanya pembuatan brosur, papan iklan dan promosi di pinggir jalan. Dari lingkup digital, di masa kini copywriter mulai dibutuhkan untuk pembuatan landing page pada website, instagram, ataupun email marketing.

 

Baca Juga:

4 Jurusan Kuliah yang Mustahil Tergantikan Mesin

3 Hal yang Memengaruhi Mood Saat Bekerja

3 Manfaat Kuliah Sambil Kerja

 

Jam Kerja Fleksibel

Profesi copywriting merupakan keahlian yang dapat bersifat independen atau tidak memerlukan keterikatan pada perusahaan. Hal ini juga menandakan bahwa profesi copywriting bisa dilaksanakan secara freelance. Dengan demikian, waktu bekerja yang dimiliki lebih fleksibel dan tidak memerlukan banyak waktu dalam bekerja.

Namun, waktu luang harus lebih dimanfaatkan untuk mengevaluasi tulisan ataupun melakukan riset terbaru. Kegiatan ini sangat penting bagi copywriter untuk mengembangkan kemampuannya dan selalu update dengan trend iklan terkini.

Menguasai pemasaran

Menjadi seorang copywriter, kamu dituntut untuk memahami berbagai teknik pemasaran. Hal ini dikarenakan copywriter menjadi perantara tidak langsung antara pembeli dengan produsen. Misalnya, dengan mempelajari pengolahan kata yang menarik agar orang tertarik pada suatu produk. Ini akan menjadi keahlian baru yang menguntungkan diri sendiri dan orang lain. Khususnya apabila kamu memiliki bisnis dan usaha, kemampuan ini bisa menjadi investasi jangka panjang yang bermanfaat.

Lagi cari inspirasi?

Buat kamu yang lagi cari inspirasi seputar kuliah dan karir bisa kunjungi youtube Young On Top. Ada Beragam konten menarik, loh!