Pelegalan Ganja di Thailand, Turis Asing juga Boleh?

Ganja Thailand

Pada 9 Juni 2022 lalu Thailand resmi melegalkan ganja untuk keperluan medis dan bisnis. Pemerintah menilai ganja bisa menjadi industri baru sehingga bisa merangsang ekonomi negara.

Pelegalan ganja di Thailand ini pada akhirnya menimbulkan polemik. Bagaimana tidak? Sejak Thailand resmi melegalkan ganja, banyak media dan turis asing yang beranggapan bahwa mereka akan dengan bebas mengkonsumsi ganja di negara Gajah Putih tersebut. Padahal kenyataannya tidak demikian.

 

Awal Mula

Thailand memang memperbolehkan warganya menanam ganja, namun ada aturannya. Mulai 9 Juni 2022, seseorang dapat menanam atau memiliki ganja atau rami untuk keperluan rumah tangga. Meski demikian mereka harus memberi tahu pihak berwenang tanpa harus meminta izin. Administrasi Makanan dan Obat Thailand telah membuka platform online untuk memfasilitasi pendaftaran. Impor, ekspor, ekstraksi, atau produksi produk ganja masih memerlukan izin dari pihak berwenang.

 

Lalu, Bagaimana Aturannya?

Menteri Kesehatan Masyarakat Thailand, Anutin Charnvirakul, menegaskan penggunaan ganja hanya untuk kepentingan medis dan membantu perekonomian negara. Pemerintah melarang penggunaan ganja untuk kepentingan rekreasi.

Warga dan turis asing diperbolehkan merokok ganja jika tujuannya untuk kepentingan medis dan kesehatan. Bagi warga atau turis yang melanggar akan dikenai hukuman penjara dan denda.

Pada akhirnya, Anutin  mendesak sekolah-sekolah, para orang tua dan yang lain agar betul-betul melindungi anak muda dari penggunaan ganja secara sembarangan. Berbagai sosialisasi pun dilakukan oleh pemerintah Thailand. Hal ini mengingat efek dari penggunaan ganja yang juga harus diperhatikan.

Rekomendasi Buat Kamu Baca

Ganja sendiri dapat memberikan efek kebingungan, kantuk, gangguan kemampuan berkonsentrasi, kecemasan, ketakutan atau panik, peningkatan denyut jantung atau penurunan tekanan darah. Selain itu ganja menyebabkan pula paranoia, halusinasi dan efek jangka panjang, seperti kecanduan dan risiko kesehatan paru-paru antara lain.

Nah, itu dia info seputar pelegalan ganja di Thailand yang harus kamu ketahui. Kala menurut pendapatmu sendiri, apakah yang dilakukan pemerintah Thailand ini sudah tepat? Atau justru akan menimbulkan efek buruk kedepannya?

 

Butuh Inspirasi?

Jika kamu ingin mendapatkan informasi dan motivasi lainnya, bisa kunjungi konten tentang self development, tips karir, dan masih banyak lagi hanya di Youtube Young On Top di bawah ini.