Cara Mudah Lulus Kuliah Tepat Waktu

Lulus kuliah tepat waktu adalah harapan mahasiswa. Namun kadang terdapat kendala yang menyebabkan hal tersebut sulit untuk tercapai. Semua itu berawal dari kurangnya manajemen yang baik saat di awal semester.

Walaupun tidak lulus tepat waktu pun, sebenarnya bukan hal yangsangat memalukan, tetapi bisa dianggap sebagai sesuatu hal yang sangat merugikan karena harus bayar uang kuliah lagi hingga beberapa semester ke depan.

Tidak hanya itu, akan ada beberapa hal yang menjadi tertunda seperti karir, peluang dan lain sebagainya.

Maka dari itu berikut ini cara mudah lulus kuliah tepat waktu yang bisa kamu coba!

 

1. Usahakan tidak ada mata kuliah yang mengulang

Hal ini sangat krusial apalagi di awal-awal menjadi mahasiswa. usahakan sejak semester pertama dan dalam setiap semester tidak ada mata kuliah yang mengulang atau memiliki nilai di bawah rata-rata.

Sebab hal ini akan berpengaruh kepada beberapa mata kuliah lainnya yang akan di ambil di semester berikutnya.

 

2. Ambil peluang dalam mengambil mata kuliah semester atas

Mungkin banyak yang beranggapan bahwa seseorang mahasiswa semester bawah tidak bisa mengambil mata kuliah semeter atas, padahal faktanya bisa apabila beberapa mata kuliah memiliki nilai baik.

Tujuan supaya mengambil mata kuliah semester atas adalah agar di waktu yang akan datang tidak lagi mengambil mata kuliah tersebut dan ada kesempatan mendapatkan peluang pengambilan sks lebih banyak.

 

3. Ambil kesempatan skripsi lebih cepat

Mungkin banyak dari mahasiswa mengambil skripsi dilakukan idealnya pada semester 8. tapi apabila ada kesempatan mengambil skripsi lebih awal, maka lakukan dan jalankan sebab hal ini memiliki peluang supaya diri kita bisa lebih cepat untuk wisuda.

Dari beberapa penjelasan di atas, kita harus menyadari bahwa setiap apa yang sedang kamu lakukan harus fokus kepada tujuan akhir kamu. Saat dirimu ingin lulus tepat waktu, maka harus ada beberapa hal yang kamu perjuangkan dan kamu korbankan baik secara langsung maupun tidak langsung

 

Penulis: Dede Radika

 

Good news!

Buat kamu yang ingin mengembangkan leadership skill dan networking, Phoenix United hadir untukmu!

Phoenix United adalah Indonesian Leaders Society dimana kamu bisa mengikuti fun trips, dinner with CEOs, sampai networking party bersama dengan komunitas yang nggak hanya seru namun juga impactful.

Yuk join komunitasnya sekarang dengan klik di sini: Phoenix United Indonesia

Menangkan kesempatan dapat Smoot Electric Scooter, caranya cukup ikuti arahan sesuai poster berikut dan follow instagram @phoenixunitedid untuk stay updated.

 

 

Butuh inspirasi?

Kamu ingin dapat motivasi dan inspirasi? Yuk tonton konten tentang self-development, tips karir, dan masih banyak lagi di YouTube Young On Top atau klik video di bawah ini.