Tips Mengatasi Trauma yang Bisa Kamu Coba

Trauma sebenarnya adalah respons emosional terhadap berbagai kejadian buruk yang menimpa diri Anda maupun orang terdekat. Biasanya, tepat setelah mengalami pengalaman yang kurang menyenangkan tersebut, Anda merasakan shock atau terkejut, maupun perasaan denial atau penolakan.

Namun, setelah waktu berlalu, reaksi yang Anda alami terhadap kejadian tersebut bisa lebih bermacam-macam. Sebagai contoh, muncul emosi-emosi yang tidak bisa diprediksi sebelumnya, hingga respons fisik seperti sakit kepala dan mual.

Berikut ini cara menyembuhkan trauma yang bisa kamu lakukan:

 

1. Menerima perasaan yang muncul

Jika sudah merasa stres karena tidak bisa berhenti memikirkan kejadian traumatis di masa lampau, kita mungkin merasakan emosi-emosi negatif seperti marah, merasa bersalah, dan masih banyak lagi.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa memiliki perasaan-perasaan tersebut adalah reaksi yang wajar. Apalagi, jika baru saja merasakan pengalaman yang begitu menakutkan atau menyakitkan bagi kita. Maka itu, cara terbaik untuk menghilangkan trauma adalah dengan menerima perasaan-perasaan tersebut terlebih dahulu.

Baca juga:

3 Manfaat Belajar di Organisasi

Yuk Kenali Manfaat Punya Banyak Teman

 

2. Jangan terlalu sering menyendiri

Saat merasa stres, sedih, marah, dan kecewa, kita mungkin lebih memilih untuk sendiri daripada harus berinteraksi dengan orang lain. Namun, di saat-saat seperti ini, menghabiskan waktu sendirian terlalu lama justru dapat memperparah kondisi kita.

Oleh sebab itu, cara menghilangkan trauma yang bisa kita lakukan adalah sebisa mungkin menghabiskan waktu dengan orang lain. Kita tidak harus membicarakan mengenai trauma yang Anda rasakan jika merasa tak nyaman

 

Buat kamu yang ingin mengembangkan leadership skill dan networking, Phoenix United hadir untukmu!
Phoenix United adalah Indonesian Leaders Society dimana kamu bisa mengikuti fun trips, dinner with CEOs, sampai networking party bersama dengan komunitas yang nggak hanya seru namun juga impactful.
Yuk join sekarang dengan klik di sini: Phoenix United Indonesia
Ingin dapat lebih banyak konten tentang inspirasi, bisnis, tips karir, self-development, dan lainnya? Yuk nonton di YouTube Young On Top atau klik video di bawah ini.
This entry was posted in Tips and tagged .