Dampak Negatif Mengikuti Zaman

Mengikuti zaman merupakan suatu hal yang tidak dilarang, akan tetapi saat kita memaksakan diri untuk tetap mengikuti hal tersebut maka secara langsung kita akan mendapatkan berbagai hal di dalamnya mulai dari dampak positif hingga dampak negatifnya.

Secara sadar kita telah mengetahui bahwa upaya untuk mengikuti zaman adalah suatu hal yang bisa dibilang boleh dan tidak perlu dilakukan walaupun zaman sifatnya dinamis dan terus berjalan. akan tetapi perlu diperhatikan bahwa tidak semua hal saat kita mengikuti perkembangan zaman dapat berdampak baik untuk diri kita.

Akan muncul dan lahir berbagai masalah dan dampak buruk dari mengikuti zaman, hal tersebut akan menjadi sesuatu yang sangat merugikan bagi diri kita, maka dari itu berikut ini beberapa dampak negatif mengikuti zaman. yaitu sebagai berikut:

1. Mudah terpengaruh

Selanjutnya dampak negatif dari mengikuti zaman adalah seseorang mudah terpengaruh hal-hal yang ada. Mereka hanya focus pada trend yang ia lihat tanpa melihat dan validasi info trend tersebut. Seperti contoh mengikiuti zaman yang serba canggih maka tidak harus mengikutinya secara jauh karena akan banyak dampak buruk yang bisa kita ciptakan seperti konsumtif dalam membeli sesuatu penujang tersebut.

Baca juga:

Bahaya Makan Tengah Malam yang Perlu Diwaspadai

Performance Review: Yuk Menilai Kinerja Diri Sendiri

Know Your Worth: Anak Muda Perlu Beri Apresiasi Diri

 

2. Lelah

Selain itu dampak negatif mengikuti zaman adalah secara tidak langsung kita akan merasa lelah. dalam hal ini dapat diartikan bahwa lelah yang dimaksud adalah kita akan banyak mengeluarkan berbagai cara dan usaha untuk mengikuti hal tersebut. Hal ini sangat tidak perlu dilakukan karena akan membuat diri kita menjadi tidak maju.

Mengikuti perkembangan zaman adalah suatu hal yang diharuskan supaya kita tidak gagal dalam memahami teknologi, akan tetapi tidak harus melakukan berbagai upaya untuk bisa dilihat. cukup menjadi diri sendiri yang mampu dan melakukan sesuatu dengan wajar.

 

Buat kamu yang ingin mengembangkan leadership skill dan networking, Phoenix United hadir untukmu!
Phoenix United adalah Indonesian Leaders Society dimana kamu bisa mengikuti fun trips, dinner with CEOs, sampai networking party bersama dengan komunitas yang nggak hanya seru namun juga impactful.
Yuk join sekarang dengan klik di sini: Phoenix United Indonesia
Ingin dapat lebih banyak konten tentang inspirasi, bisnis, tips karir, self-development, dan lainnya? Yuk nonton di YouTube Young On Top atau klik video di bawah ini.