Yuk, Kenali 2 Tipe Impostor Syndrome!

Apakah kamu sudah pernah mendengar mengenai impostor syndrome? Mungkin kamu sering mendengar kata impostor. Kata ini terdengar cukup familiar karena sering digunakan dalam game Among Us. Dalam game tersebut, impostor adalah seorang atau sekelompok pemain yang memiliki  beberapa peran, diantaranya adalah sebagai penyelundup, untuk membasmi pemain lainnya, mengacaukan area permainan.

Impostor Syndrome

Nah, yang kita bahas kali ini berbeda dengan impostor yang ada di game Among Us. Impostor syndrome sering juga disebut sebagai sindrom penyemu. Gangguan mental ini ditemukan pada tahun 1978. Sebuah penelitian pernah mengatakan bahwa setidaknya 70% orang pernah mengalami keadaan ini di hidup mereka.

Nah, menurut Valerie Young ada lima tipe pengidap Impostor syndrome ini, diantaranya adalah The Expert, The Perfectionist, The Superhero, The Natural Genius, dan The Soloist. Kali ini saya akan membahas mengenai tipe The Expert dan The Perfectionist. Bagaimana penjelasannya? Yuk, kita bahas!

  1. The Expert

Tipe The Expert ini adalah tipe yang mengukur kemampuan yang ia miliki berdasarkan apa dan seberapa banyak hal yang mereka ketahui atau yang mereka lakukan. Mereka tidak akan pernah merasa puas hingga mereka merasa bahwa mereka telah mengetahui semua hal. Untuk memperolehnya, biasanya mereka akan mencari informasi-informasi baru yang pada akhrinya membuat mereka melupakan tugas yang harus mereka kerjakan.

  1. The Perfectionist

Salah satu tipe lainnya yang akan dibahas yaitu The Perfectionist. Tipe ini biasanya selalu menginginkan kesempurnaan. Jika ia tidak memperolehnya, maka ia akan mengalami kecemasan, merasa ragu, dan mengalami kegelisahan yang cukup tinggi, terutama apabila ia mengalami kegagalan dalam mencapai target yang terlalu tinggi tersebut.

Orang yang memiliki tipe ini biasanya tidak akan pernah merasa puas terhadap kesuksesan yang mereka peroleh. Hal ini dikarenakan mereka menganggap bahwa kesuksesan yang mereka peroleh masih dapat ditingkatkan lagi. Orang yang memiliki tipe ini selalu ingin menjadi yang terbaik, namun sayangnya hal ini bukanlah hal yang baik untuknya. Kamu perlu untuk merayakan kesuksesan yang kamu peroleh untuk meningkatkan rasa percaya diri yang kamu miliki.

Itulah tadi dua tipe dari pengidap Impostor Syndrome.

Buat kamu yang ingin mengembangkan leadership skill dan networking, Phoenix United hadir untukmu!

Phoenix United adalah Indonesian Leaders Society dimana kamu bisa mengikuti fun trips, dinner with CEOs, sampai networking party bersama dengan komunitas yang nggak hanya seru namun juga impactful.

Yuk join sekarang dengan klik di sini: Phoenix United Indonesia https://phoenixunited.id/register/

 

Ingin dapat lebih banyak konten tentang inspirasi, bisnis, tips karir, self-development, dan lainnya? Yuk nonton di YouTube Young On Top (https://www.youtube.com/c/YoungOnTopTV) atau klik video di bawah ini.