Yuk, Cegah Penyakit Mata Dengan Cara Ini!

Semua orang tentu menginginkan agar memiliki kesehatan tubuh yang sehat. Namun, kadang apa yang kita harapkan tidak sesuai dengan ekspektasi. Banyak gangguan kesehatan yang dapat menyerang tubuh seseorang. Salah satunya adalah gangguan kesehatan mata.

Mencegah Penyakit Mata

Gangguan penglihatan ini dapat menyerang wanita dan pria. Namun ternyata, wanita lebih banyak yang mengalami gangguan penglihatan ini. Hal ini didukung oleh studi yang dilakukan oleh Prevent Blindness.

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Prevent Blindness pada tahun 2015, The Future of Vision: Memprediksi Masalah pada Penglihatan Wanita, dari 4,4 juta orang Amerika yang telah berusia 40 tahun lebih, wanita akan mengalami kebutaan yang lebih banyak dibanding pria. Oleh karena itu, kamu harus menjaga kesehatan kamu dengan sebaik-baiknya. Berikut 2 cara yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan kamu. Apa aja? Yuk, kita bahas!

  1. Mengunjungi dokter mata secara teratur

Dikarenakan wanita lebih lama hidup daripada laki-laki, maka mereka lebih mungkin dipengaruhi oleh kondisi penglihatan yang berkaitan dengan usia mereka. Beberapa penyakit penglihatan yang sering menyerang adalah dari degenerasi makula hingga katarak, glaukoma, kesalahan refraksi yang tidak dikoreksi, dan penyakit mata kering secara umum.

Salah satu tindakan pencegahan terbaik terhadap gangguan penglihatan menurut Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan di AS adalah dengan mendapatkan pemeriksaan komprehensid dengan dilatasi pupil di dokter mata. Frekuensi yang harus dimiliki seseorang adalah ujian mata yang komprehensif yang tergantung pada usia, riwayat keluarga, dan faktor risiko lainnya.

Jika kamu memiliki keluarga yang memiliki masalah penglihatan, penyakit mata atau kebutaan, maka kamu harus menyampaikannya kepada dokter mata kamu. Untuk penderita diabetes juga harus memeriksakan kesehatan mata setiap tahunnya untuk memeriksa tanda-tanda retinopati diabetik. Bagi kamu yang memiliki tekanan darah tinggi atau memiliki kondisi autoimun juga harus mengunjugi dokter lebih sering.

  1. Menyadari akan perubahan penglihatan hormonal

Wanita yang mengalamu perubahan hormonal, seperti wanita hamil, wanita yang telah mengalami menopause, dan wanita yang menggunakan KB hormonal biasanya lebih rentan mengalami penyakit mata kering.

Adanya peningkatan hormon jika dapat mempengaruhi perubahan penglihatan. Jika kamu sudah mulai merasakannya, mka kamu harus mendiskusikannya kepada ahli perawatan mata.

Itulah tadi dua cara yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mata kamu.

Buat kamu yang ingin mengembangkan leadership skill dan networking, Phoenix United hadir untukmu!

Phoenix United adalah Indonesian Leaders Society dimana kamu bisa mengikuti fun trips, dinner with CEOs, sampai networking party bersama dengan komunitas yang nggak hanya seru namun juga impactful.

Yuk join sekarang dengan klik di sini: Phoenix United Indonesia https://phoenixunited.id/register/

 

Ingin dapat lebih banyak konten tentang inspirasi, bisnis, tips karir, self-development, dan lainnya? Yuk nonton di YouTube Young On Top (https://www.youtube.com/c/YoungOnTopTV) atau klik video di bawah ini.