Tips Menjadi Orang yang Profesional

Profesional merupakan sebutan bagi orang yang menjalankan profesinya sesuai dengan protokol dan ketentuan bidang yang dijalaninya. Selanjutnya dia akan menerima upah atau gaji sesuai dengan jasanya. dengan kita memiliki jiwa profesionalisme maka kita akan banyak diberikan jalan dalam membangun diri baik secara langsung maupun tdak langsung.

Hal tersebut menjadi dasar mengapa seorang bisa menjadi professional. Terkadang hal tersebut masih banyak dilupakan dan diacuhkan karena dianggap tidak penting. Untuk memberikan sedikit pengetahuan, berikut ini beberapa hal yang diperlukan untuk menjadi seorang yang professional, diantaranya sebagai berikut:

 

1. Mahir/Menguasai

Seseorang yang layak untuk disebut sebagai seorang profesional ketika mereka tahu dengan jelas apa yang akan dan harus mereka kerjakan. Ilmu mengenai pekerjaannya ini wajib bisa dibuktikan dengan hasil yang akan dicapai nanti. Seseorang yang memiliki sifat profesional, maka bukan hanya pintar dalam memainkan kata-kata secara teoritis, tetapi juga wajib bisa mempraktikannya di dalam kehidupan yang nyata.

 

2. Kerja keras

Seseorang yang memiliki profesionalisme, maka sesungguhnya mereka sanggup dalam bekerja keras saat menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya. Seseorang yang bekerja keras juga sebenarnya hanya orang biasa yang memiliki keterbatasan dan kelemahan.

 

3. Integritas

Dengan adanya integritas maka seseorang yang memiliki jiwa profesionalisme akan memiliki tingkat kesadaran diri bahwa sesungguhnya dalam melakukan pekerjaan, suara hati dan hati nurani harus tetap menjadi dasar dalam mewujudkan tujuannya.

 

4. Konsisten

Seseorang yang memiliki jiwa profesionalisme tentunya harus mempunyai jiwa konsisten dalam melakukannya sehingga dapat menjaga sikap profesional tersebut. Dengan demikian ia tidak kan mudah digoda dengan bujuk rayu yang nanti bisa menghancurkan nilai-nilai profesinya.

Dari penjelasan di atas maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membangun sebuah sifat profesionalisme yang baik. dari hal yang telah dijelaskan tersebut ada beberapa hal yang harus ditekankan baik yang sifatnya kecil maupun besar.

 

Buat kamu yang ingin mengembangkan leadership skill dan networking, Phoenix United hadir untukmu!
Phoenix United adalah Indonesian Leaders Society dimana kamu bisa mengikuti fun trips, dinner with CEOs, sampai networking party bersama dengan komunitas yang nggak hanya seru namun juga impactful.
Yuk join sekarang dengan klik di sini: Phoenix United Indonesia

Ingin dapat lebih banyak konten tentang inspirasi, bisnis, tips karir, self-development, dan lainnya? Yuk nonton di YouTube Young On Top atau klik video di bawah ini.