StudX Talk 1.0 : Build Spirit Leadership with IISMA

Surabaya, 12 Desember 2021 – StudX Talk adalah talkshow interaktif dari Young On Top Surabaya melalui Live Instagram. Bertujuan memberikan insight/wawasan terkait topik yang dibawakan. Pada series yang pertama (1.0) membawakan topik Build spirit leadership with IISMA. IISMA adalah Indonesia International Student Mobility Awards, program ini merupakan implementasi dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Kementerian Pendidikan, Kebudyaaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

StudX Talk dikemas ringan dan menarik, serta menghadirkan speaker yang relevan dnegan minat dan bidangnya, di series yang pertama (1.0) menghadirkan speaker kenamaan dan influencer M. Solahudin Al Ayubi, beliau merupakan mahasiswa Hubungan Internasional di Universitas Muhammadiyah Malang, awardee IISMA tahun 2021, Founder dan CEO @languagecommunity.id.

Ketertarikan dan minat dari speaker untuk mengikuti program beasiswa IISMA sejalan dengan program studi yang ditempuh, dan passion di bidang volunteering, dan leadership. Program beasiswa IISMA rilis pertama kali di tahun 2021 dan menargetkan partisipan dari mahasiswa di seluruh universitas di naungan Kemendikbudristek. Pengalaman belajar ke luar negeri dengan 300 pilihan unversitas top dunia, menjadikan program beasiswa IISMA populer ditahun ini. Tidak hanya itu, program lain seperti magang bersertifikat, studi independen, dan kampus mengajar adalah produk dari Kemenristekdikti yang dipersembahkan untuk pelajar di Indonesia. 

Menurut Solah, panggilan akrabnya. Terdapat syarat dan kualifikasi untuk dapat mengikuti program IISMA, diantaranya bahasa asing (bahasa inggris) yang baik, aktif dalam keorganisasian, dan mengikuti test wawancara. 

“sewaktu awal masuk kuliah sudah mempersiapkan skill leadership, aktif dalam kegiatan, dan penunjang prestasi akademik lain” ujar Solah Program IISMA ini merupakan suatu harapan dan apresiasi dan investasi dari Pemerintah Indonesia kepada generasi muda, untuk menumbuhkan dan memanfaatkan benih-benih kemampuan dan potensi yang ada di generasi muda, sebagai perwujudan dari persiapan Indonesia Emas 2045. Harapan yang ingin dicapai adalah memiliki moral responsbility yang tinggi. 

Menurut Solah : Memanfaatkan potensi dan passion yang dimiliki adalah salah satu kunci dari keberhasilan, dan memaksimalkannya dengan baik.

 

Instagram: @yotsurabaya

E-mail: youngontopsurabaya@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.