Olimpiade Paling Ramah Lingkungan

olimpiade paling ramah lingkungan

Halo YOTers! Masih pada semangat kan?

Harus tetap semangat dong, apalagi Atlet kebanggaan kita berhasil mengumandangkan Lagu kebangsaan kita Indonesia Raya di Olimpiade Tokyo 2020. Selain itu, para YOTers juga harus tetap semangat karena pembahasan selanjutnya mengenai olimpiade yang paling ramah lingkungan.

Yups, dilansir dari viva.co.id bahwasanya Olimpiade Tokyo 2020 berhasil menjadi Olimpiade paling ramah lingkungan. Bagaimana tidak, Olimpiade Tokyo ini banyak menggunakan barang-barang yang didaur ulang. Bahkan semua perlengkapan dan nama yang sudah dipersiapkan tahun lalu masih digunakan pada tahun ini. 

Dilansir dari The National News, ada beberapa inovasi ramah lingkungan di Olimpiade Tokyo 2020, berikut penjelasannya;

1. Tempat Tidur Cardboard

Seluruh atlet yang datang untuk bertanding di Olimpiade Tokyo 2020 akan beristirahat dari kasur yang terbuat dari cardboard. Kasur ini didesain untuk menampung beban hingga 200 kg. Khusus Olimpiade ini, terdapat 18.000 kasur yang dibuat berukuran single dan akan kembali di daur ulang usai dipakai.

2. Podium Plastik

Podium yang digunakan sebagai tempat berdirinya para atlet saat menerima medali juga terbuat dari plastik daur ulang, lho. Plastik tersebut didapat dari plastik yang terbuang ke laut dan dari donasi masyarakat Jepang.

Saat Olimpiade selesai, podium-podium itu akan digunakan kembali.

Beberapa akan didaur ulang untuk botol sebuah sponsor.

3. Medali Daur Ulang

Yang paling menarik dan unik di Olimpiade ini tentunya terletak pada medalinya yang juga terbuat dari bahan daur ulang. Sebanyak 5.000 medali di Olimpiade Tokyo dibuat dari metal yang didapat dari perangkat elektronik bekas.

Dari hasil daur ulang itu, diperoleh 32 kg emas, 3.500 kg perak, dan 2.200 kg perunggu dari 6,2 juta ponsel bekas.

4. Seragam Plastik

Seragam jersey yang dikenakan di Olimpiade Tokyo 2020 terbuat dari hasil daur ulang botol plastik merk minuman Coca-Cola. Pakaian tersebut didesain oleh Daisuke Obana.
buy kamagra soft online pavg.net/wp-content/themes/twentytwentyone/inc/en/kamagra-soft.html no prescription

Itulah sejumlah inovasi ramah lingkungan Jepang di Olimpiade Tokyo 2020 yang sukses mencuri perhatian masyarakat dunia. Keren, ya!

5. Obor dari Limbah Alumunium

Obor di Olimpiade Tokyo yang didesain oleh Tokujin Yoshioka terbuat dari bahan daur ulang yang didapat dari hunian sementara yang digunakan setelah tsunami dan gempa bumi tahun 2011.

6. Kendaraan Listrik

Selama tinggal untuk berlaga di Olimpiade, para atlet akan diangkut menggunakan kendaraan listrik untuk melihat sekitar lokasi Olimpiade. Kendaraan ini merupakan kendaraan buatan Toyota yang dimodifikasi agar dapat diakses oleh para atlet, tetapi tetap bebas emisi.

7. Energi Terbarukan

Selama pertandingan yang digelar di Jepang, Olimpiade Tokyo memanfaatkan sumber energi terbarukan, seperti energi panel surya dari petani di Tamakawa, Naraha dan Okuma, Fukushima. Adapun venue pertandingan yang memanfaatkan lampu LED.

8. Teknologi Terbaru

Dilansir dari detik.com Olimpiade Tokyo 2020 mempersiapkan banyak inovasi teknologi canggih yang dipakai untuk membuat pertandingan jadi makin seru ditonton. Tim OBS (Olympic Broadcasting Services) bisa memanfaatkan teknologi ini supaya pemirsa bisa merasakan pengalaman pertandingan yang lebih seru. Contoh teknologinya seperti MULTI-CAMera REPLAY systems, 2D Image Tracking, 3D Athlete Tracking (3DAT), Biometric Data Display, TrueView 360 video dan 3D Graphics.

Nah, itu dia YOTers, Inovasi-inovasi yang hadir pada Olimpiade Tokyo 2020. Semoga inovasi ini bisa terus dilakukan di berbagai event dunia dan berdampak baik bagi lingkungan!

Semoga bermanfaat, see you on top!

Leave a Reply

Your email address will not be published.