Main game gak ada manfaatnya? Masa sih…

Banyak orang-orang di luar sana yang masih memandang sebelah mata tentang game. Game dianggap sebagai suatu hal yang hanya menghasilkan efek negatif dan membuang waktu, padahal faktanya game itu juga banyak membawa sejuta manfaat loh, tapi kali ini saya hanya akan membahas beberapa saja nggak semuanya, karena kalo dibahas semua mungkin bisa jadi novel yang tebel banget, hehe. Ok langsung aja ya, berikut adalah manfaat game yang mungkin jarang orang ketahui.

 

1. Menambah koneksi pertemanan

Terkadang banyak orang yang memandang negatif jika kita bermain game online, tapi percaya atau engga saya sering banget dapat banyak teman dari bermain game online terutama kalo main game dengan genre MMORPG. Bahkan kami sering menyempatkan waktu untuk melakukan gathering dan menjalin silaturahim sehingga tidak hanya berteman dalam dunia virtual saja tapi juga berteman dalam dunia real. Nggak hanya itu, saya juga beberapa kali pernah dapet project juga loh dari temen game, lumayan kan buat nambah-nambah uang jajan.

 

2. Menghilangkan stress

Young beautiful woman in casual playing videogame at home

Manfaat lain dari bermain game ini sudah pasti akan kamu dapatkan, setuju atau engga main game ini akan berguna untuk menurunkan tingkat stresmu karena kegiatan sehari-hari. Setelah selesai dengan pekerjaan kantor atau sepulang sekolah kamu bisa main game bareng temen-temen kamu atau istilah kerennya sekarang itu ‘mabar’. Kamu bisa ngobrol via voice dengan menggunakan discord dengan teman-teman mu, tidak melulu tentang membahas strategi game, kamu juga bisa bercanda atau kalo mau curhat masalah kehidupan juga boleh, hehe.

3. Meningkatkan fokus dan kinerja otak

Double exposure of a caucasian man and Virtual reality VR headset is presumably a gamer or a hacker cracking the code into a secure network or server, with lines of code

Pasti kalian sering banget kan ngeliat para gamers online bakalan sangat focus kalo lagi main game, bahkan bisa berjam-jam. Hal ini sangat berpengaruh secara tidak langsung terhadap kemampuan focus di dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi kalo kalian main game dengan genre FPS, kalian sangat memerlukan fokus dan reflek yang sangat baik dengan melakukan hal tersebut secara rutin maka otak kalian juga akan terus terlatih.

4. Melatih kesabaran dan memperbaiki mental

Jika kamu main game online terutama yang sifatnya kompetitif, percaya deh tingkat kesabaran kamu bakal diuji banget, apalagi jika kamu mengalami lose streak atau kekalahan berturut-turut. Kamu harus bisa menerima kekalahan itu dan kamu harus berusaha lebih baik lagi di lain kesempatan untuk bisa menang. Hal tersebut dapat melatih kesabaran kalian untuk memikirkan strategi yang lebih baik lagi kedepannya dan memperbaiki mental untuk tidak patah semangat dalam menggapai kemenangan.

 

Mungkin itu tadi beberapa manfaat bermain game, meskipun begitu yoters juga harus ingat waktu ya ketika bermain game, dan prioritaskan dulu pekerjaan atau tugas utama kalian. Mudah-mudahan apa yang saya tulis bisa mengubah sudut pandang orang-orang tentang dunia game. Sampai bertemu di artikel berikutnya yaa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.