3 Kata Ajaib Yang Kerap Dilupakan

Di era millenial ini banyak sekali kata – kata yang mengandung arti dan bermakna. Beberapa waktu lalu sempat ada kata yang viral karena arti kata yang terkandungnya membuat bias makna. Namun sadarkah kamu ada 3 kata yang ajaib yang membuat orang yang mendengarnya pun merasa dihargai. Kata apa sajakah itu ?

  1. Tolong

Pada zaman sekarang ini,  jarang sekali orang meminta bantuan dan menyisipkan kata “tolong”. Dalam dunia kerja pun banyak ditemui orang-orang yang melupakan kata ini, biasanya mereka hanya meminta dengan kata-kata seperti: “Nanti kamu kerjakan project A bareng si B,  dan kejelasannya minta ke si C”. Padahal apabila meminta dibuat dengan kata-kata seperti : “Nanti kamu tolong kerjakan project A ini ya dengan si B, dan kejelasannya kamu minta ke si C”. Kalau menurut saya pribadi sih terdengar lebih baik dan lebih menghargai sesama rekan kerja ataupun bawahan.

2. Terima kasih

Kata ini pun kerap dan sering kali dilupakan apabila kita telah menerima bantuan dari orang sekitar. Misal, ketika ada yang orang yang menahan pintu lift karena melihat ada yang ingin naik tak jarang orang yang ditungguinnya ini tidak mengucapkan kata “terima kasih”. Padahal dia sudah menerima bantuan dengan ditahan pintu liftnya yang membuat dia tidak perlu menunggu untuk lift berikutnya. Dengan mengucapkan kata terima kasih sebenarnya membuat orang yang sudah menolong kita ikut bahagia dan itupun menjadi cerminan dari sikap kita kepada orang lain.

3. Maaf

Mungkin banyak dari kita sulit sekali mengucapkan kata ini apabila sudah tahu bahwa apa yang kita lakukan memang salah. Dalam dunia pertemanan misalnya, mungkin secara tidak sengaja apa yang kita ucapkan yang semulanya bercandaan malah menjadi hal yang menyinggung teman kita, tapi karena ego kita yang mengatakan bahwa kita hanya bercanda maka kata-kata “maaf” pun jarang sekali terucap dan menjadikan pertengkaran antar teman yang berlarut-larut. Padahal dengan instropeksi diri dan mengucapkan kata “maaf” pertengkaran dengan temanpun akan terhindar. Tapi perlu digaris bawahi bahwa kata maaf apabila sering diucapkan dan tidak menjadikan kita intropeksi diri menjadi kata yang tidak ada maknanya.

 

Nah sekarang sudah tahukan kata ajaib apa saja yang perlu dikatakan untuk membuat orang lain bahagia dan lebih dihargai? Yuk, praktekin untuk orang – orang di sekeliling kamu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.