Seberapa pentingkah anggaran untuk upgrade diri..??

Seringkali kita selalu membuat budget keuangan untuk kebutuhan ataupun keinginan dalam bentuk barang konsumsi, tetapi kita seakan lupa ada bagian di sisi lain yang butuh kita beri sedikit budget untuk tetap upgrade diri, bisa skill, softskill ataupun rohani kita..

Di masa pandemi seperti ini kita harus tetap stay at home bukan…?

Tapi, bagaimana ya supaya kita tidak boring di rumah saja…?

Nah di sini bisa kita beri sedikit space untuk aware dengan pikiran kita, agar fresh dan up to date dengan perkembangan zaman.

Otak kita sebenarnya butuh selalu di upgrade agar tetap tau perkembangan ilmu & teknologi di luar sana. Terkadang kita meremehkan untuk membuat anggaran untuk kebutuhan kita akan skill..

 

Apa aja sih yang di butuhkan untuk upgrade diri..

Yukk.. simak poin-poin nya..

 

  1. Beli Buku

Untuk tetap menambah ilmu dan skill kita bisa membeli buku yang kita butuhkan untuk menunjang pekerjaan atau hanya sekedar pengetahuan dan hobi, dengan syarat tetap di baca ya guys,, lebih baik lagi di praktekkan hal-hal positif apa saja yang tertulis di buku..

  1. Ikut seminar atau webminar

Di masa pandemi seperti sekarang, mungkin untuk seminar di batasi melalui online atau webminar. Banyak sekali grup-grup yang mengadakan webminar agar tetap mempertahankan fungsi dan manfaat diadakannya acara tersebut. Jadi, kita tetap duduk manis di rumah dengan menyimak kan..heehee

 

  1. Ikut workshop

Dengan mengikuti workshop kita juga dapat menambah wawasan dan juga pertemanan lho. Meskipun kita harus tetap stay at home dengan workshop online bisa saja kita share pikiran dan diskusi mengenai pembahasan di workshop tersebut jadi, kita tetap bisa mengikuti acaranya tanpa harus berkerumun kan..

 

  1. Ikut sertifikasi ilmu tertentu

Di masa sulit sekarang, mungkin kita susah susah gampang mendapatkan pekerjaan yang kita inginkan, nah dengan sertifikat skill bisa saja menambah nilai plus kita untuk di terima di kantor yang diinginkan.. yaa kan bisa juga untuk upgrade skill . Ada beberapa lembaga yang memfasilitasi untuk uji kompetensi dan mendapatkan sertifikat. Apalagi di kondisi wabah corona ini, banyak sekali lembaga yang menawarkan pelatihan via online, beberapa bayar tetapi juga tidak sedikit yang gratis pula.

 

Demikian beberapa point yang bisa saya berikan, setiap permasalahan, sudah tentu akan ditemukan pemecahannya, baik solusi ataupun alternatifnya. Di musim pandemi  ini, hampir segala sesuatu dilakukan online. Itu juga menjadikan peluang bagi kita untuk bisa mengupgrade diri kita tanpa harus hadir secara fisik, yang mana itu juga akan mempersingkat waktu dan menghemat tenaga kita. Jadi, manfaatkanlah..

Maka dari itu, sebaiknya bisa kita manfaatkan moment ini dengan baik, tidak ada salahnya kita buat anggaran untuk upgrade diri bukan, demi investasi diri kita juga.., jadi jangan hanya berpasrah ataupun berkeluh kesah. Tetapi lakukan apapun itu yang bisa membuat kita jadi lebih baik kedepannya, walaupun saat ini mungkin belum dibutuhkan, who knows di masa depan ternyata yang kita lakukan itu akan sangat bermanfaat bagi kita. Stay healthy, keep learning..

Salam semangat..

Leave a Reply

Your email address will not be published.