Dilarang Menangis?

Menangis sering dianggap sebagai bentuk kekalahan dan kelemahan.

Sejak kecil kita sudah diajarkan untuk tidak menangis, bahkan mungkin sebagian dari kita ada yang dimarahi jika menangis.

Ketika menangis dianggap sebagai sesuatu yang salah, maka emosi tersebut akan diterima sebagai suatu kesalahan dan lama-kelamaan menjadi terbiasa untuk memendam perasaaan dan selalu berusaha untuk terlihat baik-baik saja. Tanpa disadari kita sudah menekan atau memaksa diri terlalu kuat.

Apa dampak dari sering menahan perasaan sedih?

  1. Sering menyalahkan diri
  2. Tingkat percaya diri yang rendah, baik pada diri sendiri maupun terhadap orang lain. Menjadi ragu sehingga selalu menolak setiap bantuan dari orang lain.
  3. Sensitif terhadap penolakan
  4. Sulit berempati terhadap orang lain
  5. Melampiaskan rasa sedih dengan marah, berteriak, dan memukul.

“Menangis bukan hanya respons manusia terhadap kesedihan dan frustrasi, tetapi juga respons yang sehat,” ungkap Frey dikutip dari Aging Care.

Berikut adalah manfaat dari menangis :

  1. Memiliki efek menenangkan

Sebuah studi menemukan bahwa menangis mungkin memiliki efek langsung dan menenangkan diri pada orang. Studi ini menjelaskan bagaimana menangis mengaktifkan sistem saraf parasimpatis yang dapat membuat seseorang menjadi rileks.

  1. Membantu meredakan rasa sakit

Penelitian telah menemukan bahwa selain menenangkan diri, menangis akan melepaskan hormon yang berpengaruh pada keadaan emosional termasuk oksitosin dan endorfin. Zat kimia tersebut membuat orang merasa baik dan juga dapat meringankan rasa sakit fisik dan emosional.

  1. Meningkatkan suasana hati

Menangis dapat membantu meningkatkan semangat dan membuat orang merasa lebih baik. Selain menghilangkan rasa sakit, oksitosin dan endorfin dapat membantu meningkatkan suasana hati.

  1. Merilis racun dan mengurangi stres

Ketika manusia menangis sebagai respon terhadap stres, air mata mengandung sejumlah hormon stres dan bahan kimia lainnya. Para peneliti percaya bahwa menangis dapat mengurangi kadar bahan kimia dalam tubuh, yang dapat mengurangi stres.

 

Namun bukan berarti menangis sepanjang waktu adalah hal yang baik ya. Menangis terus-menerus karena tidak berdaya dan tidak mengetahui penyebab dari menangis itu juga tidak sehat.

Setelah menangis kita akan merasa lebih siap dan tegar dalam menghadapi masalah karena dengan menangis kita tidak bermaksud untuk melarikan diri dari masalah. Namun untuk mengeluarkan emosi yang terpendam dalam tubuh agar perasaan menjadi lega dan dapat memikirkan solusi dari masalah tersebut.

Selamat berproses 🙂

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.