Accomplishment

Prestasi atau accomplishment dalam bahasa inggris sering kali di anggap sesuatu yang membanggakan,  saya juga menganggapnya begitu. Menjadi berprestasi baik di bidang akademik maupun di luar akademik merupakan impian banyak orang,  dan saya juga.
Prestasi sendiri berasal dari bahasa belanda  yang artinya “hasil dari usaha”. Prestasi sering kali di simbolkan dalam bentuk medali, piagam atau sertifikat penghargaan yang nantinya akan di pajang.  Namun,  apakah ini yang yang benar benar disebut prestasi?

Jika dilihat dari artinya,  “hasil dari usaha”, orang orang mungkin akan menggaris bawahi kata ‘Hasil’ untuk mendeskripsikan prestasi. Namun,  saya akan menggaris bawahi ‘Usaha’, karena bagi saya tidak ada hasil tanpa usaha.

Mungkin kebanyakan dari kita akan fokus pada posisi yang harus kita capai sehingga lupa bahawa proses itu yang penting.  Proses yang mendewasakan,  yang menumbuhkan.  Mungkin karna tujuan kita juga keliru. Saya yakin,  tujuan dari sebuah kompetisi apa pun bukan untuk menunjukkan siapa yang terkuat dan siapa yang terlemah. Namun bagaimana kita sadar,  tidak mudah untuk bertumbuh. Baik kemenangan maupun kegagalan tetap mengajarkan hal yang sama.

Saya pribadi menganggap prestasi bukan hanya sekedar penghargaan belaka,  namun tanggung jawab, kepercayaan yang wajib saya jaga,  dan ini tidak mudah.

Prestasi juga tidak selalu tentang piagam, penghargaan,  kehormatan apa lagi posisi. Karena prestasi tidak hanya tentang pencapaian untuk diri sendiri, namun bagaimana kita mestinya membuat perbedaan antara ada atau tidaknya kita di sebuah lingkungan.

  Bagaimana kita sebagai orang orang muda berjuang membuat sebuah perubahan yang tidak hanya berdampak baik untuk lingkungan,  namun juga untuk diri kita sendiri.

Prestasi bukan sebuah optimisme tanpa integritas.
buy ivermectin online nouvita.co.uk/wp-content/themes/twentynineteen/fonts/en/ivermectin.html no prescription

  Setiap proses yang ingin kita tuju,  kiranya memberi energi positif khususnya untuk generasi muda.  Saya selalu berharap bahwa saya akan belajar hal baru setiap harinya,  dan apa yang saya dapatkan membuat saya lebih baik setiap harinya.  Sehingga saya mendapatkan ‘the best version of myself’ to do the best in society.  Karna bagi saya, apalah arti sebuah piagam jika pada kenyataannya, setiap bangun pagi, saya masih orang yang sama.

Di dalam komunitas YOT medan,  saya mulai bergabung pada bulan juni tahun 2018. Saya banyak bertemu dengan teman teman yang masih lebih muda dari saya, namun semangatnya luar biasa.  Event yang diadakan selalu berdapak positif baik di lingkungan,  maupun pribadi saya.  Saya juga menyadari,  tidak ada beban yang terlalu membebani jika dilakukan bersama-sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published.