2020 Kok Gini-Gini Amat Yaa

Siapa dari kalian yang selalu berdoa atau berjanji akan melalukan hal yang lebih baik lagi di tahun yang baru? Semoga harapan di akhir tahun 2019 untuk “2020 yang lebih baik” dapat segera terwujud ya. Namun sadar atau tidak bahwa di tahun 2020 ini banyak sekali cobaan yang dihadapi masyarakat Indonesia maupun dunia yang mungkin dapat diambil pelajarannya. Ini dia 4 hal yang setidaknya terjadi di tahun 2020 :

 

1.Banjir Tahun Baru

Kita semua tahu bahwa tahun baru 2020 diawali dengan curah hujan yang cukup tinggi. Banyak daerah yang bahkan mengalami banjir cukup serius dan banyak mengalami kerugian. Bukan permulaan tahun yang baik, namun mungkin ada hal yang Tuhan ingin sampaikan kepada kita. Bahwa bumi kini sudah tua, merawat alam dan peduli akan lingkungan adalah hal yang harus kita perhatikan dengan seksama. Ini bukan hanya tugas segelintir orang, namun tanggung jawab kita bersama. Lakukan dari diri sendiri walaupun itu langkah kecil. Yuk mulai kurangi penggunaan plastic dengan beralih ke sedotan stainless, tumblr dan totebag yang dapat digunakan berkali-kali saat belanja.

2. Kim Jong Un Meninggal

Seluruh dunia sempat heboh, baik di media nasional maupun media internasional membicarakan hal yang sama. Meninggalnya pemimpin Korea Utara Kim Jong Un karena sakit. Bagaimana tidak heboh, pemimpin negara yang tertutup dan berbeda dari negara lain ini cukup kontroversial di seluruh dunia. Bahkan ada media yang memberitakan teori konspirasi bila benar pemimpin Korea Utara itu meninggal. Namun ternyata yang diberitakan adalah Hoaks alias tidak benar. Lagi-lagi ada hal yang dapat kita ambil pelajaran di tahun 2020 ini bahwa tidak baik menerima mentah-mentah berita yang belum pasti kebenarannya. Jadilah netizen yang bijak dalam bersosial media dan selalu mencari kebenaran sebelum share ya!

3. Pandemi Covid-19

Oke kita semua mungkin tahu terkait pandemi Covid-19 yang virusnya ini berasal dari Wuhan China dan mulai tersebar hampir ke seluruh dunia. Bahkan Indonesia sendiri kasus sudah mulai ramai di bulan Maret 2020 dan berujung pembatasan physical distancing yang sampai saat ini dilakukan. Ini merupakan teguran keras untuk kita semua bahwa hal yang paling berharga adalah kesehatan. Virus yang mudah tertular dan belum ada obatnya ini tidak boleh kita sepelekan. Sisi positifnya adalah kita menjadi aware akan kesehatan dan kebersihan. Selalu cuci tangan dan menerapkan pola hidup sehat ya. Masker saat ini adalah hal yang wajib. Selalu jaga kesehatan ya!

4. Issue Rasis Warna Kulit

Berawal dari kasus yang terjadi di Amerika dimana seorang polisi melakukan tindak kekerasan pada seorang yang memiliki kulit hitam dan berakhir dengan meninggal. Hal ini masih menjadi issue yang hangat khususnya di Amerika dan bahkan menjadi perhatian dunia. Kemudian issue berkembang di Indonesia karena hal ini juga terjadi terhadap saudara kita yang memiliki warna yang serupa di Papua. Banyak masyarakat yang menuntut kesetaraan perlakuan yang sama dengan tidak membeda-bedakan warna kulit. Semoga issue ini segera reda dan dapat terselesaikan dengan baik. Hal yang dapat kita lakukan adalah menanamkan diri kita bahwa kita semua sama seorang manusia. Mungkin kita berbeda dari segi Suku, Agama, Ras dan AntarGolongan namun ingat perbedaan itulah yang seharusnya menyatukan kita.

 

Nah mungkin itu beberapa kerjadian yang muncul di tahun 2020. Semoga di tahun ini kita selalu bersyukur, diberikan kesehatan dan selalu semangat menjalani segala cobaan. Karena di setiap kejadian atau musibah selalu ada hal yang dapat kita jadikan sebuah pelajaran.

Stay safe dan stay healty!

See you on top!

Leave a Reply

Your email address will not be published.